Perawatan dan Pemberian Jamu Merpati Istirahat untuk Meningkatkan Kinerja Burung– Waktu istirahat bagi burung merpati yang dimainkan sangatlah penting, demi menghilangkan lelah setelah bermain dan memperbaiki karakternya jadi lebih baik. Kondisi ini mulai dari giringnya, tembakan, karakter terbang, mental burung, dan lain sebagainya.

Terutama untuk merpati piyik atau anakan yang masih berkembang karakter burungnya. Ketahuilah bahwa merpati istirahat hukumnya wajib untuk setiap burung, terutama burung yang dipakai untuk main atau lomba. Jika tidak melakukan istirahat, tentu lama kelamaan kondisi burung merpati akan rusak dan kinerjanya jadi semakin buruk.

jamu istirahat merpati

Untuk mengatasi hal ini, diharuskan bagi pemilik burung merpati agar mengistirahatkan burung peliharaannya secara tepat. Ada cara tersendiri untuk mengistirahatkan merpati, supaya setelah istirahat kondisinya membaik dan semakin fit. Anda pun perlu memberikan suplemen atau jamu istirahat merpati sebagai pelengkap dari perawatan burung merpati tersebut. Berikut ini cara perawatannya!

Cara Perawatan dan Pemberian Jamu Istirahat Merpati

Bagi anda pemelihara burung merpati, sangatlah penting untuk mengistirahatkan merpati sebelum memberikan jamu istirahat merpati. Lalu bagaimana cara untuk mengistirahatkan merpati tersebut? Ketahuilah ada 2 cara yang bisa dijadikan perawatan burung merpati, yaitu istirahat pendek dan istirahat panjang.

Merpati istirahat pendek merupakan istirahat mingguan saat merpati bertelur sehabis giring yang waktunya kurang lebih sekitar 1 minggu saja. Waktu istirahat pendek ini terjadi secara rutin, biasanya saat burung merpati cabut telur di hari sabtu (malam minggu) atau hari minggu. Kemudian hari kamis merpati giring dan dimainkan, lalu normalnya hari minggu sore atau senin sore merpati akan nelor atau bertelur. berikan jamu istirahat merpati

Biarkan burung merpati selama seminggu, lalu cabut lagi malam minggu atau hari minggu tanpa diberikan jamu istirahat merpati. Seperti itulah siklus merpati giring dan siklus bertelurnya, namun hanya khusus untuk merpati yang dilombakan. Sedangkan merpati istirahat panjang merupakan posisi istirahat dalam siklus tahunan burung merpati. Kondisi ini terjadi ketika posisi merpati sedang mabung atau berganti bulu, ngurak, ataupun moulting.

Saat merpati mabung, waktu istirahat bisa sangat panjang bahkan setelah meminum jamu istirahat merpati bisa sampai berbulan bulan hingga bulu merpati tumbuh dan kembali siap dilombakan. Sementara untuk cara mengistirahatkannya ada beberapa metode, yaitu yang pertama dijodohkan dengan geberannya dan cabut telur seperti biasa tanpa dimainkan sampai lar 3/2.Sedangkan untuk cara kedua, burung merpati jantan bisa di pisah dengan betina dan tidak dijodohkan sampai lar 3/2.

Cara ketiga yaitu biarkan merpati meloloh anakan, namun cukup satu ekor saja saat merpati yang dilatih masih dalam kondisi kurang sehat. Baik itu dari segi mental ataupun karakter burung merpati. Terakhir, jangan lupa berikan suplemen atau jamu istirahat merpati supayakondisi fisiknya kembali normal seperti biasanya dan lebih fit.

Jamu Istirahat Merpati ini juga bermanfaat dalam memulihkan kondisi burung merpati, setelah minggu giringan merpati. Jamu merpati ini merupakan campuran rempah yang terdiri dari Teki, Kunyit, Kulit Manggis, Kunyit putih, Temulawak, Temu kunci, Temu ireng, dan juga Kapulogo. Anda bisa mendapatkan campuran rempah tersebut di Jamu Merpati Yogyakarta melalui website resminya.